Selasa, 26 November 2013

^ Bolu Kukus Gulung Ubi Ungu ^

Ini kesekian kalinya saya buat bolu gulung. Kali ini saya buat bolu gulung ubi ungu. Rasanya manis, empuk, maknyess. Biasanya di isi selai buah-buahan, butter cream atau coklat sekarang saya isi dengan vla yang maknyus banget rasanya pas sekali di padukan dengan rasa khas dari ubi. Ini dia resepnya.

Bahan:
4 btr telur
1 sdt emulsifier (saya tidak pakai)
75gr gula pasir
60gr tepung terigu
50gr Ubi Ungu kukus dan di haluskan
50ml santan kental instan
25gr margarin, dilelehkan
2 tetes pewarna ungu
2 tetes pewarna merah muda (saya tidak pakai)
2 tetes essence talas (saya tidak pakai)

Bahan vla vanilla:
100 ml susu cair
25 gr gula pasir
1 sdm tepung maizena
50 gr white cooking chocolate
1 sdt pasta vanilla
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula pasir, & emulsifier sampai mengembang, tambahkan ubi kukus halus,
kocok sebentar lalu tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan margarin leleh bergantian dengan santan kental, sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. Tuang ke loyang uk.24x24x3 ) yg sudah disemir margarin dan dialas kertas roti.
4. Kukus 15 menit atau sampai matang.
5. Vla: Panaskan susu, gula dan garam hingga mendidih. Masukkan maizena dan pasta vanilla, aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat dan masukkan white cooking chocolate, aduk hingga rata. Dinginkan.

Penyelesaian: Dengan bantuan serbet yang dialas kertas roti, panas-panas gulung sambil dipadatkan. Setelah cake agak dingin buka gulungan bolu, oles dengan vla vanilla hingga merata lalu gulung kembali.

Selamat mencoba

http://oishidesuyo.blogspot.com/2012/10/bolu-gulung-kukus-ubi-ungu-isi-vla.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar