Senin, 21 Mei 2012

^ PERBEDAAN MARGARIN, MENTEGA DAN BUTTER ^

Ternyata ketiga jenis bahan pembuat masakan dan kue ini mempunya perbedaan yang signifikan. Untuk kalangan pecinta masak-memasak, pasti tidak terlepas dari yang namanya mentega, butter, dan margarin. Karena ketiga bahan ini termasuk bahan utama dalam hal pembuatan masakan dan kue. Sekilas ketiga bahan ini memang bentuknya hampir sama.


Adapun perbedaan ketiga bahan masakan tersebut adalah :
A. Mentega
Salah satu produk dari bahan susu kaya akan lemak hewani. Selain susu, mentega juga berisikan air dan garam. Karenanya mentega mengandung banyak sekitar 66 % lemak jenuh yang sering dikaitkan dengan kadar kolestrol dalam tubuh. Mentega juga diperkaya dengan vitamin A, D, E, dan K serta tidak larut dalam air. Mentega mampu memberikan rasa kenyang lebih lama serta memiliki aroma yang lebih tajam.




B. Margarin
Margarin asalnya terbuat dari minyak tumbuhan yang di-hydrogenasi pada proses pembuatannya. Margarin biasanya diperkaya dengan vitamin A dan minyak sayur yang mengandung vitamin E. Karena mengandung lebih sedikit lemak, margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega saat memasak atau membuat kue.




C. Butter
Meski terbuat dari susu, Butter bersifat lebih lunak karena hanya ditambahkan garam sehingga akan mudah lumer bila dibiarkan terlalu lama. Oleh karenanya, Butter biasanya kerap diletakkan pada lemari pendingin berdampingan dengan produk susu lain seperti yoghurt dan keju.


Nah sekarang jangan sampai tertukar ya, karena akan membuat tekstur kue atau makanan menjadi berbeda.




SUMBER:
http://www.infojajan.com/​article/​membedakan-mentega-butter-d​an-margarin
Membedakan mentega, butter dan margarin
infojajan.com


FOTO:
http://www.ad4msan.com/2009/05/perbedaan-margarine-mentega-dan-butter.html

1 komentar:

  1. Terimakasih ibuuk, bermanfaat sekali,,, holeh izin copas tuk blog saya?hhe๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    BalasHapus