Senin, 04 November 2013

^ Puding Kenangan ^

PR Dapur Aisyah، Juni 2013
Tema: Menu ramadhan (ta'jil)
Judul resep: Puding Gula Merah Santan
Oleh: Hanni Al Bughuriyyah

Puding yang satu ini puding sedehana tapi legendaris. Puding ini mungkin sudah ada bahkan sejak ibu kita kecil hehe، waktu saya kecil ibu saya juga sering banget buat puding ini. Makanya saya bilang puding kenangan. Dulu kue ini banyak di jual di pasar، ikut nangkring di antara kue-kue basah lainnya. Sekarang belum pernah nemu lagi yang jual. Ciri khas dari puding ini adanya lapisan santan dan lapisan bening yang kalau di gigit ada sensasi krek krek dari agar. Tapi yang paling asyik untuk di nikmati adalah bagian lapis santannya yang manis dan gurih، nyam nyam.

Resepnya saya lihat di ordinary kitchen. Resepnya sedikit berbeda karena di tambah kuning telur dan santannya kental. Hasilnya puding lebih lembut، creamy dan gak berlapis lho! Kalaupun ada، cuma sedikit seperti yang ada di foto saya. Tapi rata-rata pakai resep ini gak berlapis. Mungkin ada yang sukanya gak berlapis bisa coba resep ini. Dan yang pasti puding ini cocok untuk menu berbuka puasa. ^^


Bahan:
1 bungkus agar-agar
300 gr gula merah (saya 250 gr)
700 ml santan (saya pakai 1 buah kelapa)
100 ml air
2 kuning telur kocok lepas
Pandan (sy pakai 5 lembar)
Vanili (gak pakai)
Garam secukupnya

Cara:
-Didihkan gula merah + daun pandan dengan 100 ml air، saring
- Tempatkan dalam panci: santan، agar، larutan gula merah، kuning telur dan garam aduk rata
- nyalakan api masak dengan api kecil sambil di aduk-aduk searah secara konstan hingga mendidih
- Angkat، tuang di loyang atau di cup-cup kecil
- Diamkan hingga mengeras، siap di nikmati
- Nikmat juga di sajikan dingin-dingin

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar